Manual Tautan Peta Situs S&K
Slidebars Logo Logo Berakhlak
  • Beranda
  • Tentang Kami
  • Berita
  • Senarai Rencana Terbit
    • ARC Publikasi BPS
    • ARC BRS
  • Publikasi
  • Berita Resmi Statistik
  • Layanan
  • PPID
DATA SENSUS
Beranda » Pariwisata

Sosial dan
Kependudukan

Agama

Gender

Geografi

Indeks Pembangunan Manusia

Kemiskinan

Kependudukan

Kesehatan

Ketenagakerjaan

Pendidikan

Politik dan Keamanan

Potensi Desa

Ekonomi dan
Perdagangan

Ekspor-Impor

Industri

Inflasi

Input Output

Keuangan

Konstruksi

Nilai Tukar Petani

Pariwisata

Produk Domestik Regional Bruto

Transportasi

Pertanian dan
Pertambangan

Energi

Hortikultura

Kehutanan

Perikanan

Perkebunan

Peternakan

Tanaman Pangan

Media Sosial
Facebook Instagram
Twitter Youtube
RSS FEEDS
Berita Resmi Statistik
Publikasi
  • Konsep
  • Metodologi
  • Tabel/Indikator
  • Publikasi
  • Tabel Dinamis

Konsep dan Definisi Statistik Kunjungan Wisatawan Mancanegara


Definisi wisatawan mancanegara sesuai dengan rekomendasi United Nation World Tourism Organization (UNWTO) adalah setiap orang yang mengunjungi suatu negara di luar tempat tinggalnya, didorong oleh satu atau beberapa keperluan tanpa bermaksud memperoleh penghasilan di tempat yang dikunjungi dan lamanya kunjungan tersebut tidak lebih dari 12 (dua belas) bulan. Definisi ini mencakup dua kategori tamu mancanegara, yaitu

  1. Wisatawan (tourist)

    adalah setiap pengunjung seperti definisi di atas yang tinggal paling sedikit dua puluh empat jam, akan tetapi tidak lebih dari dua belas (12) bulan di tempat yang dikunjungi dengan maksud kunjungan antara lain :

    1. berlibur, rekreasi dan olahraga

    2. bisnis, mengunjungi teman dan keluarga, misi, menghadiri pertemuan, konferensi, kunjungan dengan alasan kesehatan, belajar, dan keagamaan


  2. Pelancong (Excursionist)

    adalah setiap pengunjung seperti definisi di atas yang tinggal kurang dari dua puluh empat jam di tempat yang dikunjungi (termasuk cruise passenger yaitu setiap pengunjung yang tiba di suatu negara dengan kapal atau kereta api, dimana mereka tidak menginap di akomodasi yang tersedia di negara tersebut).


Konsep dan Definisi Statistik Hotel dan Akomodasi Lainnya di Indonesia


  1. Usaha Akomodasi

    adalah suatu usaha yang menggunakan suatu bangunan atau sebagian bangunan yang disediakan secara khusus, dan setiap orang dapat menginap, makan, serta memperoleh pelayanan dan fasilitas lainnya dengan pembayaran.


  2. Hotel berbintang

    adalah usaha yang menggunakan suatu bangunan atau sebagian bangunan yang disediakan secara khusus, dan setiap orang dapat menginap, makan, serta memperoleh pelayanan dan fasilitas lainnya dengan pembayaran dan telah memenuhi persyaratan sebagai hotel berbintang seperti yang telah ditentukan oleh Dinas Pariwisata Daerah (Diparda). Ciri khusus dari hotel adalah mempunyai restoran yang berada di bawah manajemen hotel tersebut.


  3. Hotel non bintang

    adalah usaha yang menggunakan suatu bangunan atau sebagian bangunan yang disediakan secara khusus, dimana setiap orang dapat menginap, makan, serta memperoleh pelayanan dan fasilitas lainnya dengan pembayaran dan belum memenuhi persyaratan sebagai hotel berbintang tetapi telah memenuhi kriteria sebagai hotel melati yang dikeluarkan oleh Dinas Pariwisata Daerah (Diparda).


  4. Penginapan Remaja

    adalah usaha jasa pelayanan penginapan bagi remaja sebagai akomodasi dalam rangka kegiatan pariwisata dengan tujuan untuk rekreasi, memperluas pengetahuan/pengalaman.


  5. Pondok wisata

    adalah usaha jasa pelayanan penginapan bagi umum yang dilakukan perorangan dengan menggunakan sebagian atau seluruh dari tempat tinggalnya (dengan pembayaran harian).


  6. Perkemahan

    adalah usaha penyediaan tempat penginapan di alam terbuka dengan menggunakan tenda atau kereta gandengan bawaan sendiri sebagai tempat penginapan, termasuk juga caravan.


  7. Akomodasi lainnya

    adalah usaha penyediaan tempat penginapan yang tidak termasuk kriteria di atas seperti wisma, losmen, dll.


  8. Rata-rata Tenaga Kerja Per Usaha

    adalah hasil bagi jumlah tenaga kerja pada usaha akomodasi (sesuai dengan klasifikasi) dengan jumlah usaha akomodasi (yang termasuk ke dalam klasifikasi/kelompok tersebut).


  9. Rata-rata Tenaga Kerja Per Kamar

    adalah hasil bagi jumlah tenaga kerja pada usaha akomodasi dengan jumlah kamar usaha akomodasi (sesuai dengan klasifikasi)


  10. Rata-rata Tamu Per Hari

    adalah rata-rata tamu yang datang dan menginap di hotel akomodasi per harinya, dihitung berdasarkan tamu yang datang dan menginap selama tahun tersebut.


SUMBER DATA

Pengunjung

A/D Kartu dari Dirjen Imigrasi.
Passenger Exit Survey (PES), Pusat Data dan Informasi, Kementerian pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Hotel dan Akomodasi

Data primer berdasarkan pada survey yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dengan menggunakan kuesioner VHT-S secara bulanan dan kuesioner VHT-L secara tahunan.



CAKUPAN

Pengunjung

Data mengenai wisatawan mancanegara mencakup semua wisatawan mancanegara yang tiba di Indonesia melalui bandara, pelabuhan dan melalui darat. Ada 93 pintu kedatangan yang berada diseluruh wilayah Indonesia, 65 diantaranya adalah pelabuhan, 24 adalah bandara dan 4 melalui darat. Empat bandara utama adalah Soekarno-Hatta (Jakarta), Ngurah Rai (Bali), Polonia (Medan) dan Sekupang (Batam).

Hotel dan Akomodasi

1. Bulanan. Data yang dikumpulkan adalah data tingkat hunian kamar dan rata-rata lama menginap yang mencakup seluruh hotel bintang di 20 provinsi.

2. Tahunan. Data tingkat hunian kamar dan rata-rata lama menginap dikumpulkan dari seluruh hotel bintang dan sampel hotel non bintang. Data jumlah akomodasi, rata-rata pekerja dan jumlah tamu per hari dikumpulkan dari seluruh usaha akomodasi di Indonesia.

PENGUMPULAN DATA

Data yang disajikan dalam publikasi Statistik Kunjungan Wisatawan Mancanegara didasarkan pada pengumpulan kartu Arrival and Departure (A/D Card) dari Direktorat Jenderal Imigrasi.
Data statistik hotel dan akomodasi lainnya dikumpulkan dan diolah oleh Subdirektorat Statistik Pariwisata Badan Pusat Statistik.

Data penerimaan, pengeluaran dan rata-rata lama tinggal yang dirinci menurut berbagai karakteristik dari wisatawan mancanegara diperoleh dari hasil Passenger Exit Survey yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

 

No. Judul Tabel Update Ket.
Tingkat Penghunian Kamar Hotel Bintang, 2017-2023 04 Sep 2023 Statistik Dasar
Tamu Menginap di Hotel Bintang, 2017-2023 04 Sep 2023 Statistik Dasar
Tingkat Penghunian Kamar Hotel Bintang dan Non Bintang, 2013-2022 04 Apr 2023 Statistik Dasar
No Judul Publikasi Tanggal Rilis
Tingkat Penghunian Kamar Hotel dan Penginapan Provinsi Maluku Utara 2022 20 Jun 2023
Tingkat Penghunian Kamar Hotel dan Penginapan Provinsi Maluku Utara 2021 20 Jun 2022
Tingkat Penghunian Kamar Hotel dan Penginapan Provinsi Maluku Utara 2020 05 May 2021
Tingkat Penghunian Kamar Hotel dan Penginapan Provinsi Maluku Utara 2019 20 Apr 2020
Tingkat Penghunian Kamar Hotel dan Penginapan Provinsi Maluku Utara 2018 10 Jun 2019
Tingkat Penghunian kamar Hotel dan Penginapan di Provinsi Maluku Utara 2017 05 Jun 2018
Tingkat Penghunian kamar Hotel dan Penginapan di Provinsi Maluku Utara 2016 02 Jun 2017
Statistik Hotel dan Penginapan Provinsi Maluku Utara 2016 25 Aug 2016
Tingkat Penghunian Kamar Hotel dan Penginapan di Provinsi Maluku Utara 2015 31 May 2016
Statistik Hotel Dan Penginapan Provinsi Maluku Utara 2015 24 Aug 2015
Tingkat Penghunian Kamar Hotel Dan Penginapan Provinsi Maluku Utara 2014 29 May 2015
Statistik Hotel Dan Penginapan Provinsi Maluku Utara 2014 03 Jul 2014
Tingkat Penghunian Kamar Hotel Dan Penginapan Provinsi Maluku Utara 2013 03 May 2014
Tingkat Penghunian Kamar Hotel Provinsi Maluku Utara 2010 24 Jan 2012
Statistik Hotel dan Akomodasi Lainnya di Provinsi Maluku Utara 2011 24 Jan 2012

Tabel Dinamis Subjek Pariwisata


1. Pilih Data

[Sembunyikan]
Pilih Subyek, Indikator dan Periode Waktu
Subyek
1.2 Indikator
Indikator:
Karakteristik :
1.3 Waktu
Data Terpilih:

2. Pilih Judul Baris

[Sembunyikan]
Secara default seluruh judul baris akan terpilih

3. Pilih Tata Letak Tabel

[Sembunyikan]
Pilih tata letak untuk menampilkan hasil data

PST BPS Provinsi Maluku Utara
#DataMencerdaskanBangsa

Jika #SahabatData memiliki pertanyaan seputar data BPS terutama di wilayah Provinsi Maluku Utara, silakan disampaikan melalui chat Whatsapp ini, operator kami siap membantu. Layanan kami buka setiap hari kerja, Senin s/d Jumat pukul 08.00-15.30 WIT.
01:47
×
Butuh Bantuan?

Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku Utara

Jl. Stadion No 65 Ternate 97712 Indonesia, Telp (0921) 3127878, Faks (0921) 3126301, E-mail: bps8200@bps.go.id

Untuk tampilan terbaik Anda dapat gunakan berbagai jenis browser kecuali IE, Mozilla Firefox 3-, and Safari 3.2- dengan lebar minimum browser beresolusi 275 pixel.

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik

Semua Hak Dilindungi

  • Beranda
  • Tentang Kami
  • Berita
  • Senarai Rencana Terbit
  • Publikasi
  • Berita Resmi Statistik
  • Layanan
  • PPID
  • Tautan
    • Indikator Strategis
    • Galeri Infografis
    • Tabel Dinamis
    • Istilah
    • Katalog Datamikro
    • Metadata
    • Reformasi Birokrasi
    • Master File Desa
    • SPK Online
    • Pengaduan
    • LPSE
    • Sekolah Tinggi Ilmu Statistik
    • Pusat Pendidikan dan Latihan BPS
  • Hak Cipta © Badan Pusat Statistik Republik Indonesia

Sosial dan
Kependudukan

Agama

Gender

Geografi

Indeks Pembangunan Manusia

Kemiskinan

Kependudukan

Kesehatan

Ketenagakerjaan

Pendidikan

Politik dan Keamanan

Potensi Desa

Ekonomi dan
Perdagangan

Ekspor-Impor

Industri

Inflasi

Input Output

Keuangan

Konstruksi

Nilai Tukar Petani

Pariwisata

Produk Domestik Regional Bruto

Transportasi

Pertanian dan
Pertambangan

Energi

Hortikultura

Kehutanan

Perikanan

Perkebunan

Peternakan

Tanaman Pangan